Rabu, 03 Februari 2010

Gambaran Puskesmas Kalumpang

Puskesmas Kalumpang merupakan Puskesmas Non Perawatan yang berdiri sejak tahun 1982, yang terletak di desa Kalumpang, Kecamatan Kalumpang Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Luas wilayah kerja Puskesmas Kalumpang seluruhnya ±13.507km yang terdiri dari:
 Tanah lahan pertanian (sawah)
 Tanah lahan pertanian kering
 Tanah lahan lainnya
Adapun batas wilayah kerja Puskesmas Kalumpang:
 Sebelah Utara : Kecamatan Daha Selatan
 Sebelah Timur : Kecamatan Simpur
 Sebelah Selatan : Kecamatan Sungai Raya
 Sebelah Barat : Kabupaten Tapin
Kalumpang merupakan salah satu ibukota kecamatan dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yang dipimpin oleh seorang camat yang menjadi kepala wilayah pemerintah di kecamatan Kalumpang yaitu Drs. Efran. Sebagian besar penduduk kecamatan Kalumpang adalah suku Banjar.
Kecamatan Kalumpang terdiri dari 9 desa yaitu:
 Desa Sirih Hulu
 Desa Sirih
 Desa Tambingkar
 Desa Kalumpang
 Desa Balanti
 Desa Karang Bulan
 Desa Karang Paci
 Desa Bago Tanggul
 Desa Balimau
Adapun jumlah penduduk di wilayah Kecamatan Kalumpang pada tahun 2007 adalah 6.319 jiwa yang tergabung dalam 1.712 KK yang terdiri dari 3.139 laki-laki dan 3.180 perempuan. Dengan kepadatan penduduk 465/km2. Sebagian besar penduduk adalah petani dan nelayan. Agama yang dianut penduduk di wilayah kerja Puskesmas Kalumpang mayoritas masyarakatnya adalah beragama Islam.
Puskesmas Kalumpang merupakan pengembangan dari Puskesmas Pembantu Kalumpang yang terletak di pinggir Jalan Bukhari km 14,5. Jarak Puskesmas Kalumpang dari ibukota Kabupaten adalah 16km dan ditempuh dalam waktu 30 menit perjalanan. Di sekeliling bangunan Puskesmas, sebelah kanan adalah rumah penduduk, sebelah kiri Polsek dan Kantor Camat, di belakang adalah Rumah Dinas Dokter.
Puskesmas Kalumpang, sejak berdirinya hingga sekarang telah mengalami beberapa pergantian pimpinan. Sekarang dipimpin oleh Dr. Wiwi Sumanti dengan jumlah tenaga kerja keseluruhan 22 orang.
Status tanah Puskesmas Kalumpang adalah tanah milik Depkes, dengan luas tanah 40x40m2 (tanah dan bangunan). Tahun pembangunan 1982, rehabilitasi terakhir pada tahun 1999, kondisi sekarang kurang baik, tetapi dengan kondisi seperti ini tidak mengurangi/mempengaruhi kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.
Dalam menjalankan kegiatan dibidang pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Puskesmas Kalumpang didukung dengan sarana dan prasarana sebagai berikut:
 Puskesmas Induk : 1 buah
 Puskesmas Pembantu : 3 buah
 Polindes : 4 buah
 Rumah Dokter : 1 buah
 Puskesmas Keliling : 1 unit dengan jadwal 3 kali dalam sebulan
 Kendaraan roda dua : 6 buah
 Posyandu : 9 buah





II.2 Keadaan Laboratorium Puskesmas Kalumpang
1. Tanah dan bangunan
Status tanah Kalumpang adalah tanah milik Depkes, dengan luas tanah 1.600 m2 (tanah dan bangunan) bangunan berupa beton berukuran 7x15 m2 yang dibangun pada tahun 1982.

Denah Puskesmas Kalumpang :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar